Technical Meeting LKS Graphic Design Technology (GDT) Multimedia SMK Tahun 2024

MGMP MULTIMEDIA - Jelang pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Lomba Graphic Design Technology (GDT) SMK Sekota Pasuruan tahun 2024, dilselenggarakan Technical Meeting (TM) lewat online pada selasa, 13 Februari 2024.


Technical Meeting GDT 2024 dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, dan Bendahara MGMP di Lab Studio MM SMK Negeri 1 Pasuruan, diikuti oleh guru pembina lomba masing-masing peserta, dan dewan juri lomba. 

Dimulai pada pukul 12.30 wib dengan aplikasi Google Meet. Technical Meeting dibuka langsung oleh Ketua MGMP Khusni Mubarok, S.Kom., 

Dalam Technical Meeting ini telah disepakati bersama beberapa hal sebagai berikut :

1. Pelaksanaan LKS GDT 2024 akan dilaksanakan di Lab DKV, Gedung A Lantai 2 SMK MUTU Pasuruan

2. Pelaksanaan LKS pada Hari Selasa, 20 Februari 2024 mulai pukul 07.30 wib sampai selesai. 

3. Kepanitiaan LKS GDT 2024 Terdiri dari :

Panita LKS:

- Koordinator : Ketua MGMP

- Sekretaris    : Sekretaris MGMP

- Bendahara  : Bendahara MGMP

- Petugas Teknis : Tim Pelaksana SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan

4. Peserta yang mengikuti LKS ini terdiri dari 1 peserta per SMK anggota MGMP. 

5. Satu Peserta LKS didampingi oleh satu guru pendamping. 

6. SMK yang mengikuti LKS ini terdiri dari 4 SMK yakni SMK Negeri 1, SMK MUTU Pasuruan, SMK PGRI 2 Pasuruan, dan SMK Bayt Al Hikmah. Sedangkan SMK PGRI 1 Pasuruan menunggu konfirmasi keikutsertaan nya. 

7. Dalam LKS ini akan diambil Juara 1, 2, dan 3. Juara 1 dan juara 2 berhak mengikuti LKS GDT 2024 tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di kota Madiun. 

8. Juri atau team Penilai dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Pasuruan sebanyak 2 juri dengan Basic DKV dan UI Design Mobile. 

9. Alat dan komputer dibawa oleh masing-masing peserta lomba. Berupa Komputer PC/Laptop, UPS (Bagi yang punya), Printer, dan lainnya. 

10. Penyerahan alat dan komputer bisa diserahkan pada tanggal 19 Februari 2024 mulai pukul 09.00 wib di ruang Lab DKV SMK MUTU Pasuruan. 

11. Soal dan Tema dari lomba nantinya ditentukan oleh juri pada saat lomba berlangsung.

12. Kisi-kisi soal yang diujikan nanti nya meliputi : 


Kisi-Kisi Lomba :

a) Modul 1: Corporate Identity & Guideline

b) Modul 2: UI Design Apps

Teknik : - Demonstrasi Kerja Desain 

               - Pembuatan Dummy

               - Pembuatan Final Artwork 


Rincian Kegiatan sebagai berikut: 

Registrasi dan Peserta masuk kedalam Ruang (07.30 s.d 07.45)

Pengarahan dari Dewan Juri dan Panitia (07.45 s.d 08.00)


Materi Lomba

Modul 1. Corporate Identity & Guideline (180 menit – 08.00 s.d 11.00 WIB)

Modul ini berisi 2 (dua) tugas  yaitu :

Membuat mind map , logo matrix, sketsa dan logo 

Mendesain corporate identity guideline berupa panduan penerapan logo dan elemen grafis lainnya, berisi informasi, aturan dan larangan atau kesalahan penerapannya.

Peserta diharapkan menyusun pedoman ini (ukuran A4 horizontal, PDF, maks 10 MB) dengan minimal berisi: 

Cover/sampul depan (Wajib)

Logo yang didesain (Wajib) 

Logo dan deskripsinya (Wajib). 

Logo dan skalanya, (diperkecil hingga 1x1 cm), serta simulasi pengukuran margin penggunaan logo pada latar belakang (Wajib) 

Logo versi hitam putih, grayscale, dan variasi warna beserta kode warnanya (Wajib) 

Tipografi/huruf yang digunakan dan penjelasannya (Wajib) 

Kesalahan penerapan logo (Wajib) 

Penerapan logo disesuaikan dengan tema minimal di 3 bidang (contoh : spaduk, umbul-umbul, kaos, mug, topi) 


Modul 2. UI Design Apps (Desain antarmuka aplikasi smartphone) 

(180 menit – 11.00 s.d 14.00 WIB)

Membuat workflow atau sitemap dari aplikasi mobile :

Membuat bagan yang menjelaskan alur kerja dari aplikasi mobile yang akan dirancang 

Membuat desain antarmuka untuk aplikasi mobile (User interface mobile design): Mendesain antarmuka untuk aplikasi ponsel (User Interface Mobile Design) dengan membuat desain antarmuka pengguna berdasarkan workflow aplikasi 

Membuat Mobile Prototyping Presentation: Membuat presentasi dari desain antarmuka pengguna yang sudah dibuat untuk menjelaskan bagaimana langkah demi langkah aplikasi berjalan (Disarankan menggunakan figma atau adobe XD). 


Lingkup Tugas Lomba 

Tugas meliputi; langkah kerja dengan pembagian waktu yang efektif dan efisien, pemahaman akan brief, sketsa ide, perwujudan ide, dengan alat bantu manual dan juga komputer (hardware), perangkat lunak (software) pengolah grafis yang relevan dengan topik lomba. 

File output hasil desain (pdf dan file asli) dan print hasil desain

Output: - Digital: file asli, JPG mockup, dan PDF rancangan kemasan - Cetak dummy kemasan


Praktek Lomba

Semua proses perancangan desain, hingga perwujudannya dilakukan secara mandiri, tidak boleh dibantu oleh pembina. 


Penguasaan teknis: 

Pemahaman “graphic design as communication tools” atau desain grafis sebagai alat komunikasi yang efektif. 

Penguasaan aplikasi software desain grafis. 

Directory file, Layering yang tertib, rapi dan baik. 

Crafting skill (ketrampilan) dan kerapian dalam pembuatan dummy. 

Taste dan Intuisi desain (daya seni/kreativitas dalam mendesain yang baik), serta unik/beda.

Penilaian Hasil karya desain

a. Gagasan Visual/ Ide Kreatifitas 

b. Estetika dan Kebaruan/Novelty 

c. Keterbacaan/ Readibility

Fasilitas Lomba yang disediakan Panitia 

• Meja & Kursi kerja 

• Sumber daya listrik 

• Ruangan (tempat) 

• Nomor/Kartu Peserta (tanpa menyebut sekolah asal) 

• Checklist perangkat lomba untuk peserta (saat penyerahan)

• Kertas untuk cetak Logo : HVS A4, 80 gsm 


Fasilitas 

(Alat dan Bahan) Lomba yang harus disediakan dan dibawa oleh masing-masing Peserta. 

1 Unit Notebook/PC (Disarankan Notebook) 

1 Buah Printer Berwarna minimal ukuran A4 

1 Buah Scaner (Opsional) 

1 Buah Pen Tablet (Opsional) 

Ballpoint 

Pensil 2B 

Rautan pensil 

Spidol marker besar (1 warna hitam) 

Spidol marker kecil (hitam, merah, biru, hijau) 

Penghapus 

*) Kertas untuk cetak Logo id membawa sendiri adari peserta . Mohon peserta menyesuaikan jenis printer dengan kertas yang dimaksud.

D. Peralatan untuk Tim Penilai (Juri) Lomba 

1 Unit komputer + LCD projector 

Buku catatan 

Alat tulis (pensil, Bolpoint) 

Flash disk 64 GB USB 3.0 

Kartu Identitas Juri 

Format penilaian 

Kertas HVS 

Printer Berwarna


E. SKENARIO KEGIATAN LOMBA GRAPHIC DESIGN TECHNOLOGY

A. Pra Kegiatan Lomba

Peserta lomba telah memenuhi persyaratan:

Siswa Kelas X atau XI jenjang SMK

Setiap sekolah hanya diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.

Mengumpulkan foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar

Sehat jasmani dan rohani (tidak dalam kondisi sakit)

B. Tata Tertib Lomba

Peserta hadir di tempat lomba 30 menit sebelum acara dimulai, dan

Mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia. Bagi yang terlambat

Harus mendapat izin masuk dari panitia.

Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.

Setiap peserta berpakaian batik bebas tanpa identitas daerah/sekolah asal.

Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang

tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.

Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan Nomor/Kartu Peserta.

Peserta lomba menempati/menggunakan peralatan lomba sesuai hasilundian.

Pelaksanaan lomba dilaksanakan 1 (hari) hari, dan peserta

wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, tanpa terkecuali.

Waktu istirahat 60 menit untuk ISHOMA, yakni dimulai pukul 12.00- 13.00 WIB.

Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri.

Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri.

Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save, atau hardware/software error).

Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan sebelum perlombaan di mulai, jika ada permasalahan terkait software/hardware pada saat perlombaan, maka sudah menjadi tanggung jawab dari masingmasing peserta

Pada saat pelaksanaan Lomba, pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta di depan juri dan panitia selama lebih kurang 30 menit sebelum perlombaan dimulai.

Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta.

Pen tablet dan scanner merupakan peralatan penunjang yang diperkenankan dibawa peserta dan tidak disediakan penyelenggara.

Peserta lomba wajib membawa Printer Berwarna ukuran minimal untuk kertas A4.

Peserta lomba wajib membawa 1 buah Notebook/PC dengan sudah terinstal Aplikasi Desain (CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, figma) dengan versi yang di sesuikan dengan spesifikasi

Notebook/PC dan aplikasi pendukung Microsoft Word dan Adobe Acrobat Reader/Nitro pdf.

Data pada notebook harus dalam kondisi kosong, hanya berisi Sistem Operasi dan aplikasi desain serta penunjang yang akan diperbolehkan.

Tidak dibenarkan menggunakan software diluar ketentuan yang ada, termasuk plugin, dan tidak menggunakan pengolah desain instan atau berbasis template, diperbolehkan menggunakan internet namun tidak dibenarkan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan siapapun, termasuk pembimbing. 

Peserta tidak diperkenankan membawa media penyimpan (flashdisk, CD, atau media lain) atau membawa keluar file, naskah soal, bahan tes, maupun peralatan.

Bahan pendukung lomba (gambar, font, template cetak logo, template desain kemasan) akan disediakan oleh tim juri.

Soal akan disampaikan oleh Juri secara langsung kepada para peserta pada hari lomba (tidak melalui panitia).

Setiap peserta diberikan kesempatan maksimal untuk mencetak hasil desain 2 (dua) kali per-MODUL dan mengumpulkan 1 hasil terbaik kepada Juri.

Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun.

Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan).

Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta dan dianggap gugur.

C. Jadwal Lomba

- Pelaksanaan bidang lomba Graphic Design Technology mengikuti agenda panitia.

- Jadwal dapat berubah sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi.

Pemberian Penghargaan

Pemberian Penghargaan dan sertifikat Kepada Pemenang  diserahkan kepada panitia di akhir seluruh rangkaian kegiatan . Pemenang I dan II yang akan mewakili Kota Pasuruan ke LKS Provinsi Jawa Timur di Kota Madiun


Pendaftaran Peserta dan Guru Pembimbing lewat link berikut :

Pendaftaran Peserta 

Pendaftaran Guru Pembimbing

Untuk dokumen Kisi-kisi LKS GDT 2024 bisa di Download di sini. 










Posting Komentar

0 Komentar