Pertemuan MGMP Multimedia 28 Desember 2021

MULTIMEDIA - Alhamdulillah, setelah beberapa waktu kegiatan hanya terfokus pada daring di masa pandemi Covid-19. Pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Multimedia SMK Sekota Pasuruan bisa terlaksana di bulan Desember 2021.

Pertemuan ini dilaksanakan hari ini, 28 Desember 2021 di Lab Studio Multimedia SMK Negeri 1 Pasuruan. Peserta MGMP Multimedia ini sejumlah 15 peserta yaitu 7 dari SMK Negeri 1 Pasuruan, 1 orang dari SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan, 5 orang dari SMK PGRI 2 Pasuruan, dan 2 orang dari SMK PGRI 1 Pasuruan

Dimulai pada pukul 08.30 dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Pasuruan, Bapak Drs. Akh. Sigit Suyani, M.T, S.ST. Beliau memberikan informasi mengenai LKS, untuk kota Pasuruan akan mengikuti LKS tersebut yang akan diadakan di tiga tempat yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Nantinya akan muncul lima pemenang yaitu Juara 1, 2, 3, Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Harapan beliau setiap SMK yang mempunyai program keahlian Multimedia bisa mengikuti LKS di wilker 2.

Kepala SMK Negeri 1, Drs. Akh. Sigit Suyani, M.T., S.ST memberikan sambutan di Pembukaan Rapat MGMP MM

Beliau juga memberikan pencerahan mengenai fungsi dan tupoksi MGMP dalam peningkatan kemampuan pendidik melalui MGMP. Selanjutnya Bapak Drs. Akh. Sigit Suyani, M.T, S.ST. membuka acara pertemuan MGMP ini. 

EVALUASI KEGIATAN

Pada sesi berikutnya langsung dipimpin oleh ketua MGMP Multimedia yaitu Khusni Mubarok, S.Kom didampingi oleh Fitri Qodiri, S.Kom selalu sekretaris memberikan evaluasi tentang MGMP selama periode 2018-2021 diantaranya sebagai berikut :

Pertama, dalam masa pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan organisasi terutama kegiatan maupun pertemuan rutin sehingga kegiatan MGMP berjalan tidak optimal. 

Kedua, kepemimpinan di periode kedua MGMP ini diwarnai dengan tantangan terutama mengenai kepengurusan, waktu berorganisasi serta sedikitnya sekolah yang mempunyai program keahlian Multimedia. 

Ketiga, dari dua kendala diatas maka beberapa program kegiatan yang dicanangkan belum maksimal untuk pelaksanaannya. Mulai dari pembinaan guru, studi banding, perencanaan kurikulum yang berbasis industri dan lainnya. 

Keempat, kas organisasi sejumlah Rp. 580.000,- yang merupakan hasil iuran dari anggota MGMP. 

Dari kegiatan evaluasi maka ditekankan kepada kepengurusan yang baru untuk bisa mengaplikasikan program kerja yang belum terselesaikan dengan baik di periode yang akan datang. 

KEPENGURUSAN YANG BARU

Sesi berikutnya yaitu pembentukan kepengurusan yang baru untuk periode 2022-2025. Dari seluruh anggota peserta MGMP Multimedia mengusulkan untuk diadakan pemilihan ulang untuk menentukan pengurus yang baru hanya  Koordinator Bidang saja. Ketua, Sekretaris dan Bendahara masih dipertahankan untuk periode selanjutnya. 

Adapun kepengurusan MGMP Multimedia SMK Kota Pasuruan tahun periode 2022-2025 sebagai berikut:

Ketua                : Khusni Mubarok, S.Kom

Sekretaris       : Fitri Qodiri, S.Kom

Bendahara     : Hedi Ruswanto, S.Kom


Koordinator Bidang : 

Chilmiatus Silfiyah, S.Pd.

Koordinator Bidang Humas dan Promosi :

Muhammad Najib, S.Kom


PROGRAM KERJA

Setelah pembentukan kepengurusan selesai, pembahasan berikutnya yaitu mengenai program kerja MGMP Multimedia untuk periode 2022-2025.

Dari gambaran awal serta pekerjaan rumah (PR) periode yang lalu yang belum maksimal dilaksanakan. Program kerja untuk MGMP yang disepakati yaitu :

  1. Pelatihan serta pembinaan guru Multimedia
  2. Penyusunan kurikulum bersama yang sesuai dengan kebutuhan industri sehingga link and match dengan DUDI. 
  3. Berkoordinasi dengan Cabdin Kab. /kota dalam Penyusunan Bank soal untuk Ujian Sekolah (Usek) 
  4. Mengadakan kuliah tamu kepada guru Multimedia SMK. 

Setelah pembahasan program kerja, diputuskan untuk pertemuan 3 bulanan MGMP berikutnya akan dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan pada awal bulan Maret 2022. 

Di akhir pertemuan MGMP ini diakhiri dengan do'a penutup yang dibacakan oleh Bapak Joko Waluyo, M.Pd.

(Fiqo2021



Foto kegiatan Rapat MGMP












Posting Komentar

0 Komentar