Mengenai Soal UKK Multimedia tahun 2024

MGMP MULTIMEDIA - Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Multimedia tahun 2024 tidak menyertakan Instrumen dan soal-soal untuk Multimedia. Hal ini dikarenakan pelakasanaan Kurikulum Merdeka. 

Berikut penjelasan dari website ukk.ditpsmk.net sebagai berikut 

Frequently Asked Question (FAQ) 

  1. Mengapa tidak ada instrumen jurusan multimedia di daftar instrumen UKK?

Jawab:

Konsentrasi keahlian multimedia sudah dihapus di kurikulum merdeka. Diganti dengan konsentrasi keahlian Desain Komunikasi Visual, Animasi, Pengembangan Gim, Produksi Siaran Televisi dan Produksi Film. Silahkan pilih konsentrasi keahlian di atas yang paling mendekati unit kompetensinya dengan jurusan multimedia di satuan pendidikan Saudara. 

  1. Jika jurusan multimedia sudah tidak disediakan instrumennya, dan harus memilih dari konsentrasi keahlian di atas, apakah di soal UKK tetap dicantumkan jurusan multimedia?

Jawab:

Ya tetap multimedia, hanya soalnya mengambil dari konsentrasi keahlian yang disediakan di atas. 

  1. Jika jurusan multimedia sudah tidak disediakan instrumennya, dan harus memilih dari konsentrasi keahlian di atas, apakah dalam sertifikat kompetensi tetap dicantumkan jurusan multimedia?

Jawab:

Ya tetap multimedia jika satuan pendidikan masih mengadopsi kurikulum 2013. 

  1. Sekolah saya masih menggunakan kurikulum 2013. Kompetensi keahliannya masih sesuai kurikulum 2013. Apakah disediakan instrumen UKK untuk kurikulum 2013?

Jawab:

Instrumen UKK yang disediakan sudah mengikuti kurikulum merdeka. Maka bagi yang masih menerapkan kurikulum 2013, mohon dicari padanannya di kurikulum merdeka. Contohnya, jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran bisa menggunakan instrumen konsentrasi keahlian bisnis digital. Karena jurusan BDP sudah diganti menjadi bisnis digital di kurmer. 

Kami masih menyediakan instrumen kurikulum 2013 hanya untuk SMK program 4 tahun. 





Posting Komentar

0 Komentar