Rapat Rutin dan Persiapan LKS GDT 2024 Tingkat Kota Pasuruan

MGMP MULTIMEDIA - Pertemuan ke 1 di tahun 2024 ini diawali dari SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai tuan rumah MGMP Multimedia. Pertemuan ini dilaksanakan di Lab Multimedia 2, pada Jum'at, 19 Januari 2024 pukul 12.30 Wib. 

Rapat ini dihadiri oleh 22 Guru multimedia dari 5 SMK yang ada yakni SMKN 1 Pasuruan 10 Guru, SMK MUTU 4 Guru, SMK PGRI 1 Pasuruan 2 Guru, SMK PGRI 2 sebanyak 5 Guru dan SMK Bayt 1 Guru. 

Beberapa agenda yang dibahas pada pertemuan ini sangat urgent yakni Persiapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Kota Pasuruan tahun 2024, PMM, dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). 

PEMBAHASAN LOMBA LKS GDT 2024

Pada pembahasan awal, Ketua MGMP Multimedia Kota, Khusni Mubarok, S.Kom memberikan gambaran pelaksanaan LKS Graphic Desain Technology (GDT) tahun 2024. Penjelasan mengenai teknis soal yang mengacu ke LKS tingkat provinsi dan Nasional. 

Kemudian mengenai gambaran pelaksanaan kegiatan mengevaluasi kepada pelaksanaan LKS tahun 2023, pelaksanaan lomba selama 1 hari dengan 3 dari 4 modul yang harus dikerjakan oleh peserta LKS sehingga lomba selesai pada pukul 18.30 wib. Hal ini tentunya menguras tenaga dan energi bagi peserta lomba.  

Di kesempatan ini, disetujui pelaksanaan lomba selama 2 hari dengan pengerjaan modul 4 modul yang dikerjakan sesuai dengan gambaran dari LKS tingkat Provinsi dan Nasional. Tentunya hal ini bisa berpengaruh terhadap rencana anggaran biaya pelaksanaan LKS nanti.

Time Schedule Pelaksanaan sebagai berikut : 

Tanggal 19 Januari 2024 Rapat Sosialisasi LKS GDT 2024 di SMK Negeri 1 Pasuruan

Tanggal 13 Februari 2024 Technical Meeating (TM) dilaksanakan di SMK Bayt Al Hikmah sekaligus Workshop Multimedia.

Tanggal 19 dan 20 Februari 2024 Pelaksanaan LKS GDT 2024 dengan tuan rumah masih menunggu kesiapan antara beberapa SMK.

PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) 

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya

Sehingga PMM yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) bisa menjadikan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur Perangkat Ajar yang dapat digunakan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan diri, saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. 

Fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun guru berada. Fitur Belajar pada Platform Merdeka Mengajar memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri yang memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Fitur lain dari Belajar adalah Video Inspirasi, fitur ini memberikan kesempatan kepada Guru dan tenaga kependidikan bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangakn kualitas dari komptensinya dalam impelementasi kurikulum merdeka.

Sehingga dalam sesi kedua rapat MGMP ini diberikan informasi mengenai PMM bagi sekolah yang belum mendapatkan informasi mengenai PMM. Dengan harapan guru Multimedia mampu menjadi partner guru dalam implementasi kurikulum merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi. 

UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)

Bentuk perwujudan dari revitalisasi pendidikan vokasi ialah dengan peningkatan akses sertifikasi lulusan peserta didik SMK melalui uji kompetensi keahlian (UKK). UKK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Diharapkan melalui program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten.

UKK berperan penting dalam kelulusan peserta didik karena hasil UKK akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. Nantinya, sertifikasi yang diperoleh menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki peserta didik.

Ketua MGMP Multimedia SMK bertanya kepada beberapa Kepala Program Keahlian (Kaprodi) Multimedia mengenai kesiapan pelaksanaan UKK bagi kelas XII di sekolah masing-masing. Beberapa sekolah sudah siap melaksanakan UKK bahkan tanggal pelaksanaan sudah ditetapkan oleh sekolah masing-masing. 

Sedangkan juknis, pedoman, soal, dan lainnya bisa diakses melalui web ukk.ditpsmk.net atau di web https://s.id/ukkmandirismk. 

****************************

Berikut Foto Kegiatan Pertemuan MGMP Multimedia SMK Negeri/Swasta Kota Pasuruan :















 






Posting Komentar

0 Komentar