Rapat MGMP Multimedia di SMK PGRI 2 Pasuruan

MGMP MULTIMEDIA - Pertemuan rapat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Multimedia SMK - Kota Pasuruan, pada bulan Desember 2023 dilaksanakan di SMK PGRI 2 Pasuruan. (8/12/2023)

Dihadiri oleh 17 guru Multimedia dari 4 SMK yang ada Program Keahlian Multimedia/DKV yaitu SMK Negeri 1 Pasuruan, SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan, SMK PGRI 1 Pasuruan dan SMK PGRI 2 Pasuruan. Rapat dibuka langsung oleh ketua MGMP Multimedia SMK-Kota, Khusni Mubarok, S.Kom. Pembahasan yang utama yaitu mengenai Wacana perubahan nama organisasi. 

Pembahasan Nama organisasi MGMP. Seperti yang kita ketahui, perubahan nomenklatur dari Kementrian Pendidikan mengenai program keahlian Multimedia. Pada kurikulum lama Multimedia masuk dalam Teknik Komputer Informatika. Sedangkan pada kurikulum merdeka ini Multimedia diperbarui menjadi beberapa program keahlian yaitu Desain Komunikasi Visual, Perfilman, Animasi yang semua itu berada dalam Industri Seni dan Kreatif. 

Dalam permasalahan ini. Peserta rapat memutuskan untuk menunggu informasi dan pembinaan dari Cabang Dinas Pendidikan mengenai hal tersebut. 

Setelah pembahasan Nama menunggu konsultasi dari Cabdin Kab.Kota Pasuruan, maka pembahasan yang kedua mengenai Program Kerja MGMP Multimedia di tahun 2024.

Rencana Program kerja merupakan suatu rencana kerja organisasi yang diusulkan untuk dilaksanakan di tahun yang akan datang. 

Rencana kerja tahun 2024 sebagai berikut :

  1. Di Pertemuan yang pertama di tahun 2024 bulan Februari akan merumuskan perubahan nama organisasi yang sesuai dengan nomenklatur/peraturan yang diperbolehkan. Dalam pertemuan ini akan mengundang Kasi Cabdin Bidang SMK.
  2. Pada pertemuan yang kedua di bulan April 2024 dilaksanakan kegiatan Kunjungan Industri guru Multimedia sekota Pasuruan ke DUDI atau lembaga sejenis sebagai bahan masukan kurikulum.sebagai tujuan kunjungan yakni SMK Negeri 4 Malang yang telah ada Program Keahlian DKV nya. Penanggungjawab kegiatan nantinya dari SMK Negeri 1 Pasuruan. 
  3. Pertemuan ketiga yaitu Analisa kurikulum bersama DUDI sebagai tindak lanjut pelaksanaan Kunjungan Industri sebagai penyelarasan kurikulum. Analisa ini bisa berbentuk ATP (Analisa Tiru Plek) atau juga ATM (Analisa Tiru Modifikasi). Pertemuan akan dilaksanakan bulan Juni 2024 dan sebagai tuan rumah SMK MUTU Pasuruan. 
  4. Pertemuan keempat yakni Guru Tamu DKV yang nantinya akan memberikan masukan ke anggota MGMP dalam berinovasi di Kegiatan Belajar Mengajar. Tuan rumah SMK PGRI 2 Pasuruan
  5. Pertemuan yang kelima pembahasan mengenai Performance, menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah, DUDI untuk mengadakan kegiatan pekan raya. Kegiatan ini menjadi ajang show of force Jurusan DKV agar dikenal oleh publik. Sehingga siswa dan masyarakat umum bisa mengenal Program Keahlian DKV. Dilaksanakan bulan Oktober 2024 dengan Tuan Rumah SMK PGRI 1 Pasuruan. 
  6. Pertemuan yang keenam atau terakhir di bulan Desember 2024 yaitu Evaluasi. Evaluasi di akhir tahun untuk melihat program kerja apakah terlaksana dengan baik atau ada perbaikan kedepannya. 

Semoga apa yang telah kita agendakan, dilancarkan oleh Allah SWT. 


















Posting Komentar

0 Komentar