Rapat MGMP Multimedia 7 Februari 2020 di SMK PGRI 1 Pasuruan

MULTIMEDIA - Rapat rutin musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MULTIMEDIA SMK Se-Kota Pasuruan pada bulan Februari 2020. Pada pertemuan ini yang bertempat sebagai tuan rumah yaitu SMK PGRI 1 Pasuruan. Rapat dilaksanakan pada Jum'at, 7 Februari 2020 mulai pukul 13.00 - 15.00 yang dipimpin langsung oleh Ketua MGMP Multimedia, Khusni Mubarak, S.Kom. didampingi oleh Fitri Qodiri, S.Kom selalu sekretaris MGMP. 

Agenda yang dibahas pada pertemuan ini yaitu Persiapan pembuatan Soal UASBN 2020 terutama Kompetensi Keahlian Multimedia, Undangan MGMP Multimedia Jawa Timur yang akan dilaksanakan di Bondowoso, Pemahaman soal HOTS, Rapat Rutin MGMP Multimedia Kota Pasuruan selanjutnya yang akan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Pasuruan.

Ketua MGMP Multimedia, Khusni Mubarok membagikan oleh-oleh hasil dari MGMP Multimedia Jawa Timur yang diadakan di SMK N 1 Jelangu Mojokerto yang mengenai Peningkatan Mutu SDM Guru Multimedia dan Workshop RPP, akan tetapi dikarenakan ada keputusan mengenai RPP 1 lembar, maka kita akan menunggu format resmi mengenai RPP 1 lembar tersebut. Selain itu juga ketua MGMP memberikan informasi bahwa ada pertemuan lanjutan dari MGMP Multimedia Jatim yang akan dilaksanakan di Bondowoso pada akhir Februari atau awal maret 2020.

Mengenai Pembuatan soal UASBN 2020, diadakan pembagian tugas mengenai pembuatan soal yaitu sebagai berikut :
1. SMK Negeri 1 Pasuruan
    Pemrograman Dasar (Pemdas)                  20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Teknik Audio Video (TAV)                          20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)  10 Pilihan Ganda, 3 Essay

2. SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan
    Komputer dan Jaringan Dasar (KJD)           20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Desain Multimedia Interaktif (DMI)            20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)   10 Pilihan Ganda, 3 Essay

3. SMK PGRI 1 Pasuruan
    Animasi 2D/3D                                        20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Teknik Audio/Video                                 20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)  10 Pilihan Ganda, 3 Essay

4. SMK PGRI 2 Pasuruan
    Sistem Komputer (SK)                              20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Dasar Desain Grafis (DDG)                        20 Pilihan Ganda, 5 Essay
    Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)  10 Pilihan Ganda, 3 Essay

Komposisi Soal yaitu 
LOTS  30%
MOTS 30 %
HOTS 40%
Soal nantinya dikumpulkan pada tanggal 12 Februari 2020 ke Ketua MGMP Multimedia

Mengenai Pertemuan Rutin MGMP Multimedia Kota Pasuruan, diputuskan akan dilaksanakan 2 bulanan,

Pada penguatan pembuatan soal HOTS, kebanyakan soal UASBN 2019 yang dikumpulkan oleh rekan guru Multimedia kurang HOTS, soal harus kritis, dan kreatif, menjajaki kemampuan siswa untuk berfikir. Hal ini tidak terlepas dari ranking Indeks Indonesia dalam PISA, hal ini nantinya soal-soal dalam UNBK akan mengadopsi soal-soal berdasarkan HOTS, High Order Thinking Skills, dikarenakan rendahnya peringkat PISA (Programme for International Student Assessment) Indonesia dibandingkan dengan negara lain, jadi, standar ujian nasional ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan. Lebih lanjut lagi, menurut kementrian pendidikan, soal-soal UNBK berbasis HOTS ini akan dijadikan standar pelaksanaan UN sampai dengan tahun 2025.

High Order Thinking Skills students, adalah tujuan akhir yang ingin dicapai sistem pendidikan setiap negara untuk mempersiapkan generasi muda mereka masuk kedalam abad millennial. Tiga kemampuan dasar dan utama yang dikembangkan dalam wilayah kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom adalah Kemampuan Literasi, Matematika dan Science, adapun dua wilayah lainnya yang juga penting namun tidak menjadi pokok bahasan disini adalah wilayah Afektif dan Psikomotorik. 

Ketiga wilayah tersebut, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik harus sudah diterapkan sejak siswa berada di jenjang pendidikan usia dini. Pada jenjang usia dini ini, Low Order Thingking Skills lah yang ditanamkan dan diajarkan ke siswa agar ketika mereka masuk kedalam pendidikan dasar dan menengah otak mereka sudah siap untuk masuk ke dalam proses High Order Thinking Skills. Ketika proses pembelajaran sejak dini sampai dengan jenjang pendidikan lanjutan menerapkan konsep Bloom, maka sah saja jika soal-soal ujian mereka berbasiskan HOTS. 

Terima kasih kepada Tuan Rumah (SMK PGRI 1 Pasuruan) yang berkenan menyedian tempat, kosumsi dan waktunya kepada kita sehingga pelaksanaan MGMP ini lancar dan bermanfaat untuk semuanya. Sampai ketemu di Pertemuan MGMP selanjutnya. Salam Multimedia. (FIQO-2020)




Foto by : Bagus, S.Kom

Posting Komentar

0 Komentar