Pelaksanaan LKS Graphic Design Technology Tingkat Kota Pasuruan Tahun 2024

MGMP MULTIMEDIA - Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Lomba Graphic Desain Technology (GDT) Tingkat Kota Pasuruan tahun 2024 sukses dilaksanakan di SMK MUTU Pasuruan. (20/02/2024). 

Seleksi Lomba LKS ini diadakan untuk mencari peserta terbaik dari Kota Pasuruan yang akan maju di tingkat Provinsi pada bulan April 2024 nanti. 

Peserta LKS GDT 2024 ini terdiri dari SMK Negeri 1 Pasuruan, SMK MUTU Pasuruan, SMK Bayt Al Hikmah, SMK PGRI 2 Pasuruan. Sedangkan SMK PGRI 1 Pasuruan tidak ikut (mengundurkan diri) dari LKS tahun 2024. Untuk dewan juri yaitu Akmad Arif Wicaksono Sandi, M.Ds. dan Amidatus Sholihat Jamil, M.Pd. dari Dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Pasuruan. Kedua juri ini merupakan spesialis dari Ilmu DKV di UNU Pasuruan.

Pembukaan LKS diawali oleh Ketua Panitia sekaligus Ketua MGMP Multimedia SMK Kota, Khusni Mubarok, S.Kom. Selanjutnya sambutan dari Kepala SMK MUTU Pasuruan, Budik Rokhmatullah, S.Pd. yang sekaligus membuka LKS ini.


Pukul 08.12 wib Lomba dimulai dengan pengarahan dari Juri 1 dan juri 2 mengenai teknis lomba yang akan dilaksanakan. Ada dua modul yang harus dikerjakan oleh peserta lomba yakni modul 1 dan modul 2. 

Untuk modul 1, yakni mengenai Brand Identity dan Guideline dengan waktu pengerjaannya sampai pukul 11.12 wib. Di Modul 1 ini konten pengerjaannya meliputi :
  1. Mendesain logo
  2. Mendesain corporate identity guideline berupa panduan penerapan logo dan elemen grafis lainnya, berisi informasi, aturan, dan larangan atau kesalahan penerapannya. 

Setelah pengerjaan modul 1 selesai, kemudian dijeda untuk istirahat sebentar dan sholat. Kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan dari Modul 2 UI Design for Mobile Application yang berisi tugas mengenai : 
  1. Mendesain user interface (UI mobile apps)
  2. Membuat prototyping presentation 
Waktu pengerjaan di modul 2 ini selesai pada pukul 15.12 wib. 

Pengerjaan modul 1 dan modul 2 selesai, siswa diharuskan untuk menyimpan file-file lomba pada Google Drive yang terhubung ke dewan juri dan panitia. Sehingga juri bisa melihat  dan mengoreksi secara langsung hasil kerja project dari peserta. 

Setelah selesai siswa diperkenankan untuk menunggu / istirahat sambil menanti dewan juri berdiskusi untuk menilai dan menentukan juara dari LKS ini. 

Penilaian cukup lama dikarenakan karya siswa yang cukup bagus sehingga juri harus selektif untuk menilai secara transparan, dan adil. 

Setengah jam menanti. Barulah diadakan pengumuman hasil LKS dengan menghadirkan peserta, juri, guru pendamping, dan panitia untuk bisa melihat dewan juri menilai karya siswa tersebut. 

Pada LKS GDT 2024 pemenang sebagai berikut 
Juara 1 diraih oleh Ario Lesmono dari SMK Negeri 1 Pasuruan dengan nilai 79,37
Juara 2 diraih oleh Muhammad Husny dari SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan dengan nilai 75,62
Juara 3 diraih oleh Akhmad Farhan Febrianto dari SMK PGRI 2 Pasuruan dengan nilai 75,15
Juara Harapan 1 diraih oleh Dewi Maulidiah dari SMK MUTU Pasuruan dengan Nilai 67,96

Selamat kepada para pemenang LKS GDT 2024 Tingkat Kota Pasuruan. Semoga sukses selalu. Untuk yang peringkat 1 dan 2 semoga bisa terus membawa nama baik Kota Pasuruan pada LKS GDT 2024 di tingkat Provinsi Jawa Timur. 




































Link Dokumentasi 

Link Hasil Karya 

Link Berkas Administrasi LKS 




Posting Komentar

0 Komentar