Pelaksanaan LKS 2023 Graphic Design Technology di SMK Bayt Al Hikmah

MGMP MULTIMEDIA - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2023 Bidang lomba Graphic Design Technology tingkat Kota Pasuruan dilaksanakan pada Selasa, 28 Februari 2023 bertempat di Lab DKV SMK Bayt Al-Hikmah Pasuruan. 


LKS ini diikuti oleh lima peserta dari lima SMK yang ada di Kota Pasuruan yaitu SMK Negeri 1 Pasuruan, SMK MUTU Pasuruan, SMK PGRI 1 Pasuruan dan SMK PGRI 2 Pasuruan. 

Pada LKS kali ini tema yang dibawakan mengenai Food and Beverage dikarenakan tema ini nantinya bisa diaplikasikan dalam. Home Industri maupun dalam perusahaan berskala besar. Hal ini sudah ditentukan dalam Technical Meeting antara Panitia, Juri dan Guru Pendamping pada zoom meeting Jumat 17 Februari 2023.

PELAKSANAAN LOMBA

Pelaksanaan lomba LKS Graphic Design Technology ini dimulai dengan pembuatan modul 1 yaitu Corporate Identity dan Guideline yang mengharuskan siswa untuk bisa berfikir untuk menentukan model, sketsa, logo, maupun ide pewarnaan, tulisan, dan lainnya. Hal ini dalam scedule Panitia kurang lebih 3  jam. 

Pada modul 2 peserta akan membuat UI Design App baik memakai software yang telah ditentukan oleh Panitia dan juri atau juga siswa bisa menelurkan pembuatan lewat aplikasi design yang familiar semisal coreldraw. Beberapa peserta yang bisa sukses pada ide di modul pertama biasanya lebih mudah untuk pembuatan di modul 2 ini. 

Pada pukul 12.30 wib mulai jeda istirahat, sholat dan makan yang telah ditentukan oleh Panitia dan juri dan akan masuk kembali pada pukul 13.00 wib. Disaat waktu istirahat inilah peserta mulai merapat ke guru pembimbing masing-masing untuk saling sekedar sharing, minta pendapat, ataupun saling memberikan support kepada anak didiknya. 

Waktu istirahat selesai, seluruh peserta mulai duduk di tempatnya masing-masing dan mulai mengerjakan modul 3 yaitu Packaging Design, pekerjaan ini membutuhkan kehati-hatian serta kecermatan dan ketepatan mengenai konsep di layar yang akan dikeluarkan dalam bentuk cetak kertas sesuai dengan tema masing-masing produk yang diinginkan. Ada beberapa peserta yang belum sigap dengan alat cetak yang dibawanya, masing-masing peserta asyik dengan project yang dikerjakan. 

Di modul yang ketiga ini waktu yang ditentukan yaitu pukul 16.00 wib, tetapi molor menjadi 16.30 wib. Dalam penyelesaiannya tiap peserta harus mengumpulkan karya dalam bentuk softcopy, hardcopy dan packaging. 

PENILAIAN DAN PENJURIAN

Sebagai team juri, MGMP Multimedia mengundang 2 juri dari kalangan akademis dan profesional. Juri satu yaitu Pak Iba dari kota Malang dan Ibu Eka Rini Widya dari kampus ITSNU Pasuruan. 

Teknik penilaian sesuai dengan technical meeting ada tiga yaitu Demonstrasi Kerja Desain, pembuatan Dummy, pembuatan Final Artwork. 

Setelah semua peserta selesai juri pun melihat dan menilai tiap project yang dimulai dari softcopy uang dikirimkan peserta di google Drive panitia. Kemudian beralih ke hardcopy dan terakhir ke hasil packaging yang sudah tertata rapi di meja juri. 

Peserta menunggu kurang lebih 20 menit dikarenakan juri masih mereka hasil dari peserta lomba. Pukul 17.00 wib peserta, guru pembimbing memasuki tempat acara untuk melihat hasil dan pengumuman pemenang. 

Dari tampilan layar LCD juri Pak Iba dari Kota Malang memberikan penjelasan mulai dari peserta nomer 01 sampai 05. Kemudian dilanjutkan dengan hasil kemasan (packaging) tiap peserta. Pak Iba selaku juri 2 mengulik tentang pewarnaan, pemilihan Font, kemasan, maupun kecermatan peserta melihat ukuran dari produk dan kemasan dan tak kalah penting yaitu ketepatan waktu. 

Selanjutnya Ibu Eka Rini Widya menambahkan mengenai ide bentuk kemasan, pemilihan tipe font. 

Hasil Akhir dari Penjurian diputuskan sebagai berikut :

Juara 1 Peserta Nomer 05-Imelda Gesiva P (SMK Bayt Al-Hikmah) 

Juara 2 Peserta Nomer 03-Nanda Diva (SMKN 1 Pasuruan) 

Juara 3 Pesera Nomer 01-Dimas Prawira (SMK PGRI 1 Pasuruan) 

Harapan 1 Peserta Nomer 02-Akhirul Iwan (SMK PGRI 2 Pasuruan) 

Harapan 2 Peserta Nomer 04-A Michael Geysen (SMK MUTU Pasuruan) 


Selamat kepada seluruh pemenang, khusus untuk Juara 1 dan 2 kami mengucapkan selamat bertanding di LKS Tingkat Provinsi Jawa Timur. Semoga nantinya bisa membawa nama kota Pasuruan ke tingkat selanjutnya. 



FOTO KEGIATAN










































HASIL PROJECT PESERTA 



DOKUMENTASI FOTO / VIDEO








Posting Komentar

0 Komentar