Technical Meeting (TM) LKS 2023 Tingkat Kota Bidang Lomba Graphic Design Technology

MGMP MM - Technical Meeting (TM) Bidang Lomba Graphics Design Technology (GDT) Seleksi Kota Pasuruan tahun 2023 dilaksanakan di Ruang Studio Multimedia SMK Negeri 1 Pasuruan dan diikuti oleh peserta via Zoom. (Jum'at, 17 Februari 2023).


Dalam TM ini diikuti oleh Panitia yang terdiri dari Khusni (Ketua) dan FIQO (Sekretaris), Perwakilan Sekolah, Pembina, dan Dewan Juri LKS. 


SMK yang mengikuti TM ini yaitu SMK Negeri 1 Pasuruan, SMK MUTU Pasuruan, SMK PGRI 1, SMK PGRI 2, dan SMK Bayt Al Hikmah. Dewan juri LKS ini diwakili Ibu Eka Rini Widya Astuti, S.Sos., M.Med.Kom selalu Dekan DKV Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan. 


Dibuka langsung oleh Ketua Panitia, diterangkan mengenai Tanggal Pelaksanaan Lomba yaitu 28 Februari 2023 bertempat di Laboratorium Komputer Bayt Al Hikmah Pasuruan. Kemudian dijelaskan pula mengenai alat dan bahan yang harus dipersiapkan oleh Panitia dan peserta. Mulai dari Komputer/laptop, software/program, printer, kertas foto dan lainnya. 

DEWAN JURI

Sesi berikutnya yaitu dari Dewan juri dalam hal ini ibu Eka Rini menyampaikan mengenai hal teknis perlombaan dan kisi-kisi yang bisa dipersiapkan yaitu : 

a) Modul 1: Corporate Identity & Guideline

b) Modul 2: UI Design Apps

c) Modul 3: Packaging Design


Teknik Penilaian : 

- Demonstrasi Kerja Desain

- Pembuatan Dummy

- Pembuatan Final Artwork


WAKTU PELAKSANAAN

Waktu Pelaksanaan 1 hari pada Hari Selasa Tanggal 28 Februari 2023 Mulai Pukul 07.30. sd. Selesai

Dengan Rincian Kegiatan sebagai berikut: 

1. Registrasi dan Peserta masuk kedalam Ruang (07.30 s.d 07.45)

2. Pengarahan dari Dewan Juri dan Panitia (07.45 s.d 08.00)

3. Materi Lomba

a. Modul 1. Corporate Identity & Guideline (150 menit – 08.00 s.d 10.30 WIB)

Modul ini berisi 2 (dua) tugas yaitu :

1. Membuat mind map , sketsa dan logo

2. Mendesain corporate identity guideline berupa panduan penerapan logo dan elemen grafis lainnya, berisi informasi, aturan dan larangan atau kesalahan penerapannya.

Peserta diharapkan menyusun pedoman ini (ukuran A4 horizontal, PDF, maks 10 MB) dengan minimal berisi: 

1. Cover/sampul depan (Wajib)

2. Logo yang didesain (Wajib) 

3. Logo dan deskripsinya (Wajib)

4. Logo dan skalanya, (diperkecil hingga 1x1 cm), serta simulasi pengukuran margin penggunaan logo pada latar belakang (Wajib) 

5. Logo versi hitam putih, grayscale, dan variasi warna beserta kode warnanya (Wajib) 

6. Tipografi/huruf yang digunakan dan penjelasannya (Wajib) 

7. Kesalahan penerapan logo (Wajib) 

8. Penerapan logo (dengan elemen grafis) pada stationary: surat, amplop, ID card, notebook, dll (Pilih min 2)

b. Modul 2. UI Design Apps (Desain antarmuka aplikasi smartphone)

(120 menit – 10.30 s.d 12.30 WIB dan ISOMA 30 menit)

− Membuat desain antarmuka untuk aplikasi mobile (User interface mobile design): 

Mendesain antarmuka untuk aplikasi ponsel (User Interface Mobile Design) dengan membuat desain antarmuka pengguna dan prototype dari user flow journey 

− Membuat Mobile Prototyping Presentation: Membuat presentasi dari desain antarmuka pengguna yang sudah dibuat untuk menjelaskan bagaimana langkah demi langkah aplikasi berjalan.

- Aplikasi yang digunakan Untuk UI Design Mobile 

CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, figma


c. Modul 3. Packaging Design (120 menit – 13.00 – 15.00 )

Mendesain kemasan sesuai yang di sesuaikan layout dan produknya

Packaging design adalah produk desain grafis berupa bungkus yang dipakai untuk melindungi, memberi kemudahan dalam mendistribusikan, menyimpan, mengidentifikasi, menggunakan suatu produk. Kemasan juga berfungsi untuk menginformasikan keterangan seputar produk, bahkan menjalankan fungsi promosi (menjual apa yang di dalam kemasan) yaitu meningkatkan ketertarikan calon konsumen untuk membeli. 


Lingkup Tugas Lomba

1. Tugas meliputi; langkah kerja dengan pembagian waktu yang efektif dan efisien, pemahaman akan brief, sketsa ide, perwujudan ide, dengan alat bantu manual dan juga komputer (hardware), perangkat lunak (software) pengolah grafis yang relevan dengan topik lomba. 

2. File output hasil desain (pdf dan file asli), print hasil desain, penyajian dalam bentuk Mock Up/dummy (sampel produk)

Output: - Digital: file asli, JPG mockup, dan PDF rancangan kemasan - Cetak dummy kemasan


Praktek Lomba

1. Semua proses perancangan desain, hingga perwujudannya dilakukan secara mandiri, tidak boleh dibantu oleh pembina. 

2. Penguasaan teknis: 

a. Pemahaman “graphic design as communication tools” atau desain grafis sebagai alat komunikasi yang efektif. 

b. Penguasaan aplikasi software desain grafis.

c. Directory file, Layering yang tertib, rapi dan baik. 

d. Crafting skill (ketrampilan) dan kerapian dalam pembuatan dummy. 

e. Taste dan Intuisi desain (daya seni/kreativitas dalam mendesain yang baik), serta unik/beda.

3. Penilaian Hasil karya desain

a. Gagasan Visual/ Ide Kreatifitas 

b. Estetika dan Kebaruan/Novelty 

c. Keterbacaan/ Readibility


Fasilitas Lomba yang disediakan Panitia 

• Meja & Kursi kerja 

• Sumber daya listrik 

• Ruangan (tempat) 

• Nomor/Kartu Peserta (tanpa menyebut sekolah asal) 

• Checklist perangkat lomba untuk peserta (saat penyerahan)

• Kertas untuk cetak Logo : HVS A4, 80 gsm 

• Kertas untuk cetak Poster dan Desain Kemasan : Inkjet Doublesided Paper (Non-Glossy), 2880 dpi, A4, 200 gsm.


TEMA 

Tema dari Kisi Soal yaitu mengenai Food dan Beverage. Yang dalam hal ini tidak luput dari industri perusahaan mengenai produk makanan dan minuman. 


PANDUAN SELEKSI LKS 2023 GDT TINGKAT KOTA PASURUAN. 


Download Panduan Seleksi LKS GDT 2023 Tingkat Kota Pasuruan. 


ALAT DAN PERLENGKAPAN

Penyerahan Alat (Komputer/Laptop) ke Panitia pada hari Senin, 27 Februari 2023 di Lab Komputer SMK Bayt Al Hikmah Pasuruan pada pukul 12.00 sampai 14.00 Wib. 


Kegiatan TM ini ditutup pada pukul 14.00 dengan bacaan hamdalah. Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama. 



Foto Kegiatan TM








Posting Komentar

0 Komentar