Rapat MGMP MM ke 8 di SMK Negeri 1 Pasuruan

MGMP MM-Pertemuan MGMP Multimedia ke 8 dilaksanakan di Lab Studio MM SMK Negeri 1 Pasuruan, Jum'at 10 Februari 2023. Hal ini sesuai dengan undangan yang telah dikirimkan oleh Cabdin Pasuruan ke Kepala Sekolah masing-masing. 


Dalam pertemuan ini membahas mengenai persiapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Multimedia tingkat Kota Pasuruan tahun 2023. LKS Multimedia yang terdiri dari Lomba Graphic Design Technology (GDT) dan Animation 3D Game. 


Rapat dimulai pada pukul 13.00 setelah semua peserta rapat bisa hadir secara lengkap yaitu 25 guru. Diantaranya 14 guru dari SMK Negeri 1 Pasuruan, 4 Guru dari SMK MUTU Pasuruan, 2 Guru dari SMK PGRI 1 Pasuruan, 4 Guru dari SMK PGRI 2 Pasuruan dan 1 guru dari Bayt Al Hikmah sebagai undangan khusus dikarenakan ada program keahlian DKV di Bayt Al Hikmah. 


Sebagai pembuka acara yaitu Hedi Ruswanto, S.Kom dari SMK N 1 Pasuruan didampingi oleh Fitri Qodiri, S.Kom selalu Sekretaris MGMP. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirijen Chilmiyatus, S.Kom dari SMK N 1 Pasuruan, sedangkan do'a oleh Hedi Ruswanto, S.Kom. 


ACARA INTI
Berikutnya yaitu acara inti yang dipimpin langsung ke Ketua MGMP, Khusni Mubarok. Dalam sambutannya berharap Ketua Program Keahlian (Kaprogli) Multimedia di tempat masing-masing bisa memberikan pengertian kepada Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum di sekolah masing-masing mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Hal ini terkait dengan perubahan program keahlian Multimedia yang dipersilahkan untuk memilih program keahlian yang tersebar. Misal Desain Komunikasi Visual (DKV), Animasi, Broadcasting dan Perfilman. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan Pembelajaran.


LKS 2023
Beralih ke agenda berikutnya yaitu mengenai persiapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2023. Pada bidang lomba yang bisa diikuti oleh beberapa SMK, diadakan seleksi tingkat kota, kecuali lomba-lomba tertentu yang hanya diikuti oleh satu atau dua sekolah. Disini yang membedakan dengan tahun kemarin yaitu wilayah pelaksanaan. Tahun sebelumnya LKS diadakan dengan sistem Wilayah Kerja (WILKER) yang meliputi beberapa (kota/kabupaten) wilayah dalam 1 wilker. Biasanya Kota Pasuruan masuk di wilker 2 yang pesertanya meliputi kab. Pasuruan sampai kabupaten Banyuwangi. 

Di tahun ini pelaksanaan LKS diadakan di kota masing-masing untuk seleksi daerah yang nantinya juara 1 dan juara 2 akan dikirimkan ke provinsi untuk memperebutkan di tingkat Jawa Timur. Perbedaan ini-lah yang mengharuskan ada seleksi LKS di tingkat kota/kabupaten termasuk kota Pasuruan. 


Untuk seleksi LKS 2023 Multimedia bidang lomba GDT, mengarah kepada LKS GDT tingkat Provinsi dan Nasional pada tahun yang lalu dan mengacu pada Graphic Design Technology di ajang Wordskill, s
ehingga nantinya pemenang dari kota Pasuruan nantinya tidak akan kaget dengan pelaksanaan LKS di tingkat provinsi maupun nasional. 

Kisi-kisi LKS GDT 2023 tingkat kota yaitu mengacu pada 4 modul. 
Modul 1 berisi mengenai Mind Map dan Creative Brief
Modul 2 berisi mengenai Moodboard dan Logo Matrix
Modul 3 berisi mengenai GSM (Graphic Standard Manual) 
Modul 4 berisi mengenai Desain Kemasan dan Mock-up

Adapun time line yang telah disepakati yaitu 
10 Februari 2023 - Sosialisasi Seleksi LKS 2023
18 Februari 2023 - Technical Meeting secara Online
28 Februari & 1 Maret 2023 - Pelaksanaan Lomba

Mengenai tanggal pelaksanaan yaitu hari selasa dan rabu (28 Februari, 1 Maret 2023). Tempat lomba masih dibicarakan dengan kepala sekolah masing-masing. Terkait Anggaran baik dari pendaftaran, perlengkapan, juri, konsumsi sudah dibahas detail dan disepakati oleh anggota rapat. 

Berikut rangkuman materi rapat 












PENUTUP
Rapat pembahasan Seleksi LKS 2023 Bidang lomba Graphic Design Technology sudah dibahas bersama tinggal penentuan tuan rumah lomba ini saja. Pengurus MGMP Berharap dalam 1 atau 2 hari kedepan ada SMK yang siap untuk menjadi tuan rumah LKS ini. LKS 2023 GDK tingkat Jawa Timur nanti akan diselenggarakan di Jember. 

Semoga dari seleksi LKS 2023 GDK tingkat kota Pasuruan bisa membawa nama harus Kota Pasuruan untuk bisa berprestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional. 



Undangan MGMP MM dari Cabdin



Posting Komentar

0 Komentar